ANALISIS FUNGSI DAN DESAIN PERPUSTAKAAN SD PELITA HARAPAN DAN SD PAHOA

Carry Liana Kosasih

Abstract


Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas belajar yang berfungsi untuk membantu kemudahan pembelajaran anak. Secara umum, desain perpustakaan di sekolah berfungsi hanya sebagai tempat pertukaran informasi dan penyimpanan dokumen yang mendukung proses belajar anak. Desain perpustakaan sekolah tidak berbeda dengan desain perpustakaan umum. Seiring dengan perkembangan zaman, perpustakaan mengalami perubahan konsep yang difokuskan berdasarkan program penggunanya. Di Indonesia, perkembangan perpustakaan anak dengan konsep Child-Oriented Library belum terlihat (asumsi desain ruang yang belum memadai), padahal desain perpustakaan sekolah perlu memperhatikan kebutuhan anak sebagai penggunanya. Desain perpustakaan sekolah mengacu pada Standar Nasional Perpustakaan, sehingga secara umum desain perpustakaan sekolah di Indonesia memiliki program ruang dan desain yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada evaluasi fungsi dan desain perpustakaan Sekolah Dasar.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori Child-Oriented Library sebagai acuan untuk mengevaluasi fungsi dan desain perpustakaan anak di SD Pahoa dan SD Pelita Harapan. Selain itu pembagian kuisioner kepada pengguna juga dilakukan untuk mengkaji efektivitas dari perpustakaan yang digunakan (PostOccupancy Evaluation). Hasil evaluasi dan rekapitulasi kuesioner menemukan bahwa SD Pahoa belum memenuhi konsep Child-Oriented Library sementara SD Pelita Harapan sudah lebih memenuhi konsep Child-Oriented Library. .

Penerapan konsep Child-Oriented Library pada tapak Kembangan Utara dilakukan melalui penerapan beberapa kriteria pada teori Child-Oriented Library dipilih menyesuaikan dengan konsep perpustakaan, yaitu anak sebagai komunitas. Kriteria-kriteria tersebut adalah penggunaan warna yang terang pada area anakanak, furnitur yang disesuaikan dengan ergonomi anak dan pemakaian anak (tiduran dan duduk), pemakaian bantalan dan karpet pada area baca, belajar dan teater, dan lain sebagainya.

 

Kata KunciFungsi, Desain, Perpustakaan anak, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN : 2549-080X

E-ISSN : 2807-4017