ANALISIS WALKABILITY PADA KAWASAN TERMINAL LINTAS LEBAK BULUS, JAKARTA SELATAN

Nethania Budiardjo, Audrey Juliana

Abstract


Lebak Bulus merupakan salah satu kawasan yang diusung menjadi kawasan TOD (Transit Oriented
Development) di Jakarta. Kawasan tersebut memiliki pusat jaringan transportasi umum seperti Terminal
Lintas, Stasiun MRT, dan Halte Transjakarta Lebak Bulus. Sebagai kawasan TOD, Lebak Bulus harus
memperhatikan walkability sebagai faktor utama tercapainya prinsip berjalan kaki sehingga dapat mendukung
prinsip TOD lainnya seperti perpindahan antarmoda transportasi umum (prinsip transit). Penelitian ini
bertujuan untuk mengukur walkability pada kawasan dan mendapatkan pedoman untuk mewujudkan kawasan
yang lebih walkable. Peneliti menggunakan metode kombinasi antara kualitatif fenomenologi dan kuantitatif,
dimana terjadi pengamatan secara langsung terhadap fenomena dan kondisi objek yang alami serta penggalian
sudut pandang atau penilaian (skor) pengguna melalui kuesioner. Hasil pengamatan serta penggalian dianalisis
lebih lanjut menggunakan interpretasi peneliti hingga menghasilkan kesimpulan bahwa walkability pada
kawasan Terminal Lintas Lebak Bulus hanya sekadar cukup. Kawasan belum layak untuk mewadahi kegiatan
berjalan kaki karena jalur pejalan kaki tidak nyaman dan menarik serta hanya memiliki tingkat keselamatan
dan keamanan yang sedang. Peningkatan kualitas jalur pejalan kaki direkomendasikan untuk mengutamakan
kebersihan dan ukuran jalur yang lebih luas, pencahayaan jalur, kemudahan bagi kaum disabilitas, keamanan
jalur terhadap kendaraan, serta kelengkapan fasilitas atau furnitur pejalan kaki yang memadai.

Kata Kunci: terminal; Lebak Bulus; pathway; pedestrian; walkability


Keywords


terminal; Lebak Bulus; pathway; pedestrian; walkability

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36766/aij.v7i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN : 2549-080X

E-ISSN : 2807-4017