UJI KEKUATAN TARIK PADA KOMPOSIT PARTISI BERBAHAN BAKU SERAT CANTULA

Lidi Wilaha, Sidha Pangesti Anjarwulan

Abstract


Serat Agave cantula Roxb adalah salah satu jenis serat alam yang mempunyai kemampuan mekanik yang tinggi. Material ini termasuk material yang kuat, ringan, tahan lama, murah serta ramah lingkungan. Dari hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Departemen Perindustrian Yogyakarta, mempunyai kandungan selulose sekitar64,3%, sehingga serat ini berpotensi sebagai bahan penguat komposit.

Matrik perekat yang biasa digunakan dalam rekayasa komposit adalah bahan polimer termosetting jenis unsaturated polyester yukalac 157 BQTN-EX, dimana mempunyai keuntungan produksi yaitu harga relatif murah, waktu curing cepat hanya 6 jam, warna jernih, kestabilan dimensional baik dan mudah penanganannya. Penelitian ini bertujuan menyelidiki potensi pemanfaatan serat cantula (Agave cantula roxb) sebagai alternative bahan penguat komposit terhadap partisi rumah.

Serat Cantula yang sudah bersih kemudian direndam dengan larutan NaOH 10% selama 4 jam, lalu dicuci kembali dan dikeringkan secara alami di dalam ruangan tanpa sinar matahari langsung selama 3 hari hingga kadar air berkisar 8-10%. Selanjutnya density mat serat acak
berdasar fraksi volume yang bertujuan untuk memprediksi besarnya fraksi volume serat, sedangkan density poliester sudah ada spesifikasinya dari pabrikan.Spesimen komposit dibuat dengan metoda
kombinasi hand lay up dan press mold dengan fraksi volume10%, 20%, 30%, 40% dan 50%. Matrik dan hardener yang dipakai adalah poliester yukalac tipe 157 BQTN-EX dan MEXPO sedang cetakan yang digunakan adalah cetakan baja. Standar uji tarik komposit mengacu ada standar JIS K-7113.

Dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu upaya alternatif pengembangan dibidang material serat alam sebagai solusi aplikasi produk alternatif partisi rumah serta memberikan nilai tambah / ekonomi terhadap petani dan masyarakat.

Kata kunci :cantula,kekuatan tarik, partisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36766/aij.v1i1.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN : 2549-080X

E-ISSN : 2807-4017