EVALUASI KUALITAS RUANG TAMAN PINTAR KALIJODO TERHADAP KEBUTUHAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK DENGAN PENDEKATAN RUANG PUBLIK RAMAH ANAK
Abstract
Taman Pintar Kalijodo merupakan ruang publik yang dibangun di tengah permukiman oleh pemerintah dengan konsep ramah anak sebagai upaya menyejahterakan kehidupan anak-anak permukiman. Taman ini berpotensi sebagai child-friendly public space di perkotaan. Kualitas ruang publik ramah anak memiliki kaitan yang erat terhadap perkembangan psikologis anak. Beragam fasilitas dapat ditemukan di Taman Pintar Kalijodo. Anak-anak dari berbagai usia datang dan menikmati fasilitas dan alat permainan yang ada sebagai upaya pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini mengevaluasi konsep ramah anak Taman Pintar Kalijodo dengan pendekatan teori child-friendly public space oleh UN-Habitat. Hasil evaluasi tersebut dianalisis berdasarkan kriteria kebutuhan perkembangan psikologis anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung, dokumentasi, dan pemetaan. Analisis data didukung oleh studi literatur yang berhubungan dengan ruang publik ramah anak dan perkembangan psikologis anak. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat dua elemen child-friendly public space yang belum terpenuhi, yakni keamanan dan kenyamanan. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan psikologis anak terhambat. Kekurangan pada elemen keamanan terutama untuk kelompok usia Balita berupa tidak adanya pembatas antara area playground dan lapangan futsal. Kekurangan pada elemen kenyamanan terdapat pada kelompok usia Balita dan anak sekolah (6-12 tahun) karena pemandangan Kali Krendang yang tidak sedap dilihat dan beberapa wahana permainan yang tidak terurus. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar perancangan ruang publik dengan konsep ramah anak yang mendukung perkembangan psikologis anak.
Kata kunci: ruang publik, ramah anak, perkembangan psikologis, Taman Pintar Kalijodo
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36766/aij.v6i1.292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN : 2549-080X
E-ISSN : 2807-4017