ANALISIS PENGARUH USIA, JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN, TINGKAT PENDAPATAN DAN KEPEMILIKAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK (NPWP) TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA TRANSAKSI E-COMMERCE

Verena Deborah, Bambang Sugiarto, Fery Wijaya

Abstract


This study aims to empirically examine the effect of age, gender, education level, income level and Ownership of a Taxpayer Identification Number on the Use of Digital Payment Systems in E-Commerce Transactions. This analysis uses independent variables, namely age, gender, education level, income level and Ownership of Taxpayer Identification Number. The dependent variable is the Digital Payment System. The sample of this research is the residents of Rusunawa Pulo Gebang, East Jakarta in all Blocks (A-F). Data was collected by means of a questionnaire distributed directly to the residents Whatsapp group. This research method uses a qualitative method with a descriptive approach. The results of this study indicate that age, gender, education level, income level and ownership of the Taxpayer Identification Number do not have an influence on the digital payment system, but rather have an influence on the non-digital payment system.


Full Text:

PDF

References


Binus Business School. 2020. Jenis-jenis E-Commerce. Diakses dari https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/10/jenis-jenis-e-commerce/

BliBli. 2021. COD (Bayar di Tempat). Diaskes dari https://www.blibli.com/faq/topic/pembayaran/cod-bayar-di-tempat/

Diponegoro, U. 2014. PENGARUH USIA, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN JENIS KELAMIN TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MEDIA Skripsi Disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/184540-ID-pengaruh-usia- tingkat-pendidikan-dan-jen.pdf

DIRJEN. 2021. Syarat Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak. Diakses dari https://www.pajak.go.id/id/syarat-pendaftaran-nomor-pokok-wajib-pajak-0

Fino Yurio Kristo. 2020. Riset Belanja Online: Wanita Lebih Sering, Pria Lebih Boros. Diakses dari https://inet.detik.com/business/d-5119985/riset-belanja- online-wanita-lebih-sering-pria-lebih-boros

Fitriya. 2021. Tarif PPh Pribadi Terbaru di UU HPP: Potongan PPh 21 Jadi Lebih Tinggi atau Rendah? Diakses dari https://klikpajak.id/blog/pajak- penghasilan-pasal-21-2/

Guntur, A. 2016. Pengaruh Teknologi Didalam Bidang Keuangan. Diakses dari https://www.academia.edu/30970486/Pengaruh_Teknologi_Didalam_Bidan g_Keuangan

Iim Fathimah Timorria. 2021. Fitur Paylater Bisa Dorong Pertumbuhan E- Commerce. Diakses dari

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210609/12/1403421/fitur-paylater-bisa-dorong-pertumbuhan-e-commerce

KOMPAS. 2021. Apa itu COD dalam Jual Beli Online? Simak Resiko Keuntungannya. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2021/02/16/220300826/apa-itu-cod- dalam-jual-beli-online-simak-risiko-dan-keuntungannya?page=all

KOMPAS. 2021. Pengertian E-Commerce dan Bedanya dengan Marketplace. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e- commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all

M. Anindhita. 2021. Orang Indonesia pilih CoD saat Belanja Online. Diakses dari https://lokadata.id/artikel/orang-indonesia-pilih-cod-saat-belanja-online

M.A. Rizaty. 2021. Ragam Alasan Konsumen Pilih COD saat Belanja di E- Commerce.Diakses

dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/29/ragam-alasan- konsumen-pilih-cod-saat-belanja-di-e-commerce

Maharani, D. 2018. Kenaikan Tarif Rusun Pulogebang yang Terlalu Tinggi Akan Direvisi.Diakses

dari https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/14/17171831/kenaikan-tarif- rusun-pulogebang-yang-terlalu-tinggi-akan-direvisi

N. Graha. 2021. Data E-Commerce Indonesia 2021 (Atur Strategi di Tahun 2021).

Diakses dari

https://grahanurdian.com/ecommerce-indonesia-2021/

News, F. 2021. Mengenal Digital Payment dan Kelebihannya untuk Bertransaksi. Diakses dari https://flick.id/news/mengenal-digital-payment-dan- kelebihannya-untuk-bertransaksi/

Nugraha, D. 2020. 4 Jenis Digital Payment Yang Populer di Indonesia. Diakses dari https://www.paper.id/blog/bisnis/digital-payment-indonesia/

PDSI KOMINFO. 2020. Sistem Pembayaran Digital Terkendala Budaya Masyarakat.

Diakses dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6416/Sistem+Pembayaran+D igital+Terkendala+Budaya+Masyarakat/0/berita_satker

Pelayanan, P., Dinas, S., Pemerintah, S., & Dki, P. (n.d.). 2017. Potensi Pengembangan Perekonomian Di Rumah Susun Dki Jakarta 2017. Diakses dari https://statistik.jakarta.go.id/media/2018/10/buku-Survei-Rusunawa- 2017.pdf

Reza. 2020. Alasan PayLater Lebih Baik untuk Transaksi Pembayaran. Diakses dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/4167001/alasan-paylater-lebih- baik-untuk-transaksi-pembayaran

Sautlan, M. 2020. Ini sederet kebijakan BI mendorong transaksi digital di tengah pandemi corona. Diakses dari https://keuangan.kontan.co.id/news/ini- sederet-kebijakan-bi-mendorong-transaksi-digital-di-tengah-pandemi- corona

Shopee. 2021. Bagaimana Cara Melakukan Pembelian Menggunakan COD (Bayar di Tempat)?. Diakses dari https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana- cara-melakukan-pembelian-menggunakan-COD-Cash-on-Delivery

Siti. 2021. COD: Keuntungan dan Aturan yang Harus Diketahui oleh Pembeli dan Penjual. Dikses dari https://www.cermati.com/artikel/cod-keuntungan- dan-aturan-yang-harus-diketahui-oleh-pembeli-dan-penjual

Sirclo. 2021. Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna E-Commerce Tertinggi di Dunia. Diakses dari https://www.sirclo.com/blog/indonesia-jadi-negara- dengan-pengguna-e-commerce-tertinggi-di-dunia/

Xendit. 2020. Ini Metode Pembayaran yang Ideal untuk Meningkatkan Penjualan. Xendit. Diaskes dari https://www.xendit.co/id/blog/ini-metode-pembayaran- yang-ideal-untuk-meningkatkan-penjualan/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.