ANALISIS MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN PESERTA DIDIK SMK BIDANG KONSTRUKSI DI JAKARTA

Seng Hansen, Susy F. Rostiyanti, Ferdinand Fassa, Ario B. Koesalamwardi, Andre F. Setiawan, Suwito Suwito

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, berbagai tuntutan kebutuhan penguasaan bidang ilmu tertentu juga semakin tinggi. Terlebih melihat tingkat persaingan di era globalisasi bagi para pencari kerja yang mengindikasikan kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal dan mumpuni dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Salah satu sarana untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri. Penelitian ini berfokus pada analisis minat peserta didik SMK Bidang Konstruksi untuk melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi. Metode analisis data dilaksanakan secara kuantitatif melalui tahap perapian data, statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, dan menarik kesimpulan. Total 236 respon diperoleh dari peserta didik SMK Bidang Konstruksi di Jakarta. Penelitian ini menemukan opsi melanjutkan studi sebagai pilihan utama bagi peserta didik, diikuti dengan opsi bekerja dan terakhir opsi berwirausaha. Faktor motivasi (X6), cita-cita (X7), dan lingkungan keluarga (X1) merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap minat untuk melanjutkan studi. Sedangkan nilai koefisien determinasi berganda menunjukkan bahwa variabel bebas memiliki pengaruh sebesar 41,5% terhadap variabel terikat yang termasuk kategori pengaruh sedang atau moderat. Mengingat pentingnya menyelaraskan kebutuhan yang ada, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi arah dan pengembangan program studi bidang konstruksi. Selain itu, hasil penelitian ini juga bermanfaat sebagai pemetaan atas minat studi para peserta didik SMK Bidang Konstruksi.

 

Kata kuncifaktor, melanjutkan studi, minat, regresi, SMK.

Keywords


continuing study; factors; interest; regression; vocational students



DOI: https://doi.org/10.36766/aij.v7i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN : 2549-080X

E-ISSN : 2807-4017