PENATAAN INFRASTRUKTUR MOBILITAS PEJALAN KAKI DAN PESEPEDA PADA KAWASAN KOMERSIAL BLOK M

Dennis Owen, Varren Anastasia, Alessandro Alessandro, Afuwan Haliman Wijaya, Kelvin Paulus, Carolina Setiawan

Abstract


Kawasan Blok M merupakan kawasan komersial yang terletak di Jakarta Selatan. Kawasan ini sudah berdiri sejak jaman Pemerintahan Belanda, sehingga kawasan ini memiliki gaya arsitektur yang beragam; mulai dari gaya arsitektur Belanda sampai gaya arsitektur art deco. Sejak dulu Blok M merupakan kawasan perdagangan yang ramai, dan mayoritas dikunjungi anak muda yang menjadi tempat “nongkrong” yang cukup populer pada saat itu. Keberadaan Terminal Blok M yang tidak jauh dari Kawasan Blok M juga meningkatkan kepadatan di kawasan tersebut. Terminal Blok M yang menjadi terminal transit beragam moda transportasi yang menghubungkan Jakarta dan wilayah di sekitarnya, mendatangkan ratusan ribu hingga jutaan masyarakat ke area tersebut setiap harinya. Hal ini mengakibatkan adanya transformasi ruang kota di Kawasan Blok M saat ini. Sekarang Kawasan Blok M bukan hanya menjadi kawasan perdagangan, melainkan sebagai pusat transit moda transportasi. Semakin tingginya kepadatan di kawasan tersebut, sayangnya masih belum diimbangi dengan perkembangan infrastruktur dan ruang kota di kawasan. Hal ini mengakibatkan tingginya kepadatan
kendaraan bermotor, kurangnya kenyamanan pejalan kaki, rendahnya ketersediaan ruang terbuka hijau yang beralih fungsi menjadi pusat komersial, dll. Salah satu dampak yang juga cukup penting adalah
berkurangnya minat masyarakat terutama generasi muda untuk berkunjung ke area Kawasan Blok M. Pada beberapa area, sudah banyak fungsi komersial yang tutup karena sepinya pengunjung. Melihat
daripada permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghidupkan kembali potensi dari Kawasan Blok M, baik dari segi peninggalan arsitektur, kawasan komersial yang sempat populer,
maupun transformasi kawasan yang berkembang menjadi pusat transit. Pendekatan yang digunakan di dalam penataan kembali kawasan adalah efektifitas dan efisiensi mobilitas pejalan kaki dan pengguna sepeda sebagai dukungan untuk transformasi ruang kota yang terjadi saat ini. Hasil dari penelitian berupa ide proposal desain penataan Kawasan Komersial Blok M.

 

Keywords: kawasan komersial, pusat transit, mobilitas pejalan kaki, pengguna sepeda, transformasi ruang kota


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36766/aij.v3i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN : 2549-080X

E-ISSN : 2807-4017