ANALISIS DESAIN FASILITAS BERMAIN ANAK DI LUAR RUANGAN TERHADAP FAKTOR KESELAMATAN
DOI:
https://doi.org/10.36766/aij.v8i1.439Keywords:
fasilitas bermain, keselamatan anak, standar keselamatan, risiko bermainAbstract
Bermain merupakan salah satu cara anak belajar tentang lingkungan dan kebutuhan paling mendasar khususnya anak usia dini. Melalui bermain, anak dapat memenuhi seluruh aspek kebutuhan perkembangan kognitif, emosional, sosial, motorik, dan bahasanya. Seiring berjalannya waktu, banyak fasilitas bermain yang dibangun dengan aplikasi permainan yang unik dan beragam. Untuk itu adalah penting melihat faktor keselamatan anak-anak pada fasilitas bermain luar ruangan yang tidak dapat diabaikan. Anak-anak rentan terhadap berbagai cedera termasuk jatuh, terkilir, patah tulang, terbentur, atau terperangkap di dalam fasilitas bermain yang tidak sesuai dengan standar keselamatan. Analisis standar keselamatan anak untuk fasilitas bermain menjadi sangat penting dalam upaya meminimalkan risiko cedera pada anak. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk melakukan analisis terhadap fasilitas bermain terkait faktor-faktor yang mempengaruhi standar keselamatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah konsep desain fasilitas bermain yang aman bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan Sequential Explanatory Design. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan untuk menyusun panduan dalam perancangan fasilitas bermain anak di luar ruangan yang dapat memenuhi faktor keselamatan.
Downloads
Published
2024-08-06
How to Cite
Evelyn Alvina, V., Baskoro Junianto, A., & Steffanny Tumilar, E. (2024). ANALISIS DESAIN FASILITAS BERMAIN ANAK DI LUAR RUANGAN TERHADAP FAKTOR KESELAMATAN. Jurnal Architecture Innovation, 8(1), 56–68. https://doi.org/10.36766/aij.v8i1.439
Issue
Section
Articles
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.